Cara Memperbaiki Kulkas yang Tidak Dingin dengan Melihat Penyebabnya


Penasaran bagaimana cara memperbaiki kulkas yang tidak dingin? Jika anda ingin mengetahuinya, simaklah ulasan caranya beserta penyebab kulkas tidak dingin di bawah ini.

Kulkas atau lemari pendingin memang sangat penting saat ini digunakan di setiap rumah, mengingat benda ini sangat berperan untuk menjaga kesegaran makanan agar tidak busuk atau berbau. 

Namun terkadang ada saja masalah yang bisa terjadi seperti kulkas mati atau kulkas yang tidak dingin, sehingga dibutuhkan biaya perbaikan untuk mengatasi masalah ini. 

Namun anda bisa lebih berhemat jika mengetahui penyebab dari masalah yang dialami kulkas, seperti misalnya cara memperbaiki kulkas yang tidak dingin dengan melihat penyebabnya yang akan diulas oleh service AC di Jakarta dalam artikel ini.

Cara Memperbaiki Kulkas yang Tidak Dingin dengan Melihat Penyebabnya


Untuk mengatasi kulkas yang tiba-tiba tidak dingin, anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini beberapa cara memperbaiki kulkas yang tidak dingin dengan mudah dengan melihat penyebabnya yang dapat anda ikuti.

1.      Membersihkan Bunga Es
Bunga es yang sudah terlalu banyak bisa saja menjadi penyebab kulkas tidak dingin, hal ini dikarenakan bunga es yang menumpuk dapat menutupi lubang angin dari kulkas. 

Untuk mengatasinya anda bisa membersihkan bunga es yang sudah menumpuk tersebut, caranya yaitu dengan mencabut terlebih dahulu aliran listrik kulkas. 

Kemudian buka pintu kulkas dan nyalakan kipas angin didepannya, tunggu sampai bunga es mencair. Kemudian anda bisa bersihkan sisa air di bagian bawah freezer dan lap kulkas sampai kering, kemudian anda bisa mencolokkan lagi kulkas dengan aliran listrik.

2.      Atur Suhu Secara Maksimal
Kurangnya pengetahuan terkadang bisa saja menjadi penyebab mengapa kulkas tidak dingin, hal ini biasanya dialami oleh mereka yang baru saja membeli kulkas. 

Biasanya kulkas yang tidak dingin disebabkan oleh pengaturan suhu yang beroperasi di titik rendah, sehingga untuk mengatasinya anda hanya perlu mengatur suhu kulkas secara maksimal.

3.      Periksa Pintu Kulkas
Pintu kulkas yang tidak tertutup rapat juga menjadi salah satu penyebab kulkas menjadi tidak dingin, biasanya karet pintu yang sudah rusak akan membuat fungsinya menjadi kurang baik. 

Sehingga anda perlu mengecek pintu kulkas secara rutin, apabila terjadi kerusakan anda bisa memperbaikinya ke tukang service.

Apabila anda menemukan salah satu dari ketiga penyebab kulkas tidak dingin tersebut, anda bisa langsung mengatasinya dengan mudah dengan mengikuti beberapa cara memperbaiki kulkas yang tidak dingin berdasarkan penyebabnya. Semoga bermanfaat.
Share: